Home » , » Ikan Pelangi Merah dari Danau Sentani

Ikan Pelangi Merah dari Danau Sentani

Ikan Pelangi Merah dari Danau Sentani- Danau Sentani terletak sekitar 20 kilometer barat Jayapura . Ini adalah sebuah danau berbentuk tidak teratur. Warna Permukaan air tampak berwarna biru kehijauan serta dihiasi dengan setidaknya 16 pulau-pulau kecil, dan dikelilingi oleh perbukitan di selatan dan Pegunungan Cyclops di utara, yang memisahkan danau dari Samudra Pasifik.

Ikan Pelangi Merah ( Glossolepis incisus ) adalah ikan air tawar yang hidup endemik di Danau Sentani Papua ini. Di luar negeri ikan ini dikenal dengan nama Red Rainbow fish, Irian Jaya rainbowfish ataupun Salmon red rainbowfish. Ikan Pelangi dari Danau Sentani Papua ini sudah terkenal di Eropa untuk ikan hias akuarium, Ikan ini pertama kali diperkenalkan oleh Max Weber yang melakukan ekspedisi Papua Barat antara tahun 1890 sampai 1900.

Namun sayang di rumahnya sendiri, ikan pelangi belum mendapat perhatian lebih, baik dari pembudidaya maupun pemerintah. Meski ikan pelangi merah atau red rainbow fish pernah menjadi primadona, namun saat ini kurang dilirik pasar lokal. Di kalangan penggemar dalam negeri pamornya tidak sehebat ikan hias yang lain seperti ikan botia.

Untuk mengetahui jenis betina dan pejantan pada Ikan Pelangi Merah bisa dilihat dari warnanya, sebab terdapat perbedaan warna yang mencolok diantara ikan jantan dan betina, hal ini terjadi setelah ikan ini menjelang dewasa, betina memiliki warna jauh lebih sedikit dan sirip transparan lebih memanjang dan memiliki warna kuning zaitun. Sedangkan pejantan akan berubah menjadi warna merah terang setelah mencapai ukuran 5 cm. Panjang ikan ini masksimal dapat mencapai 15 cm meski ukuran tadi jarang ditemui di alam bebas, ukuran yang paling sering ditemui adalah sekitar 10 cm.

Demikian ulasan kami tentang Ikan Pelangi Merah dari Danau Sentani. Semoga ulasan singkat ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi anda semua dalam mengenal asal-usul serta berbagai jenis ikan hias ali Indonesia.