Home » » Mengenal Ikan Cupang Hias dan Ikan Cupang Aduan

Mengenal Ikan Cupang Hias dan Ikan Cupang Aduan

Mengenal Ikan Cupang Hias dan Ikan Cupang Aduan- Ikan Cupang memiliki nama ilmiah Betta sp. Ikan Cupang merupakan ikan air tawar yang banyak ditemukan di beberapa negara di Asia Tenggara, antara lain: Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Vietnam. Ikan ini memiliki bentuk dan karakter yang unik serta cenderung agresif dalam mempertahankan wilayah kekuasaannya.

Ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan yang kuat bertahan hidup dalam waktu lama sehingga apabila ikan tersebut ditempatkan di wadah dengan volume air sedikit dan tanpa adanya alat sirkulasi udara atau aerator, ikan ini masih akan dapat bertahan hidup. Di alam bebas ikan ini hidup berkelompok. Habitatnya ada di rawa-rawa, danau, dan sungai yang arusnya tenang.

Di kalangan penggemar, ikan cupang umumnya terbagi atas tiga golongan, yaitu cupang hias, cupang aduan, dan cupang liar. Di sejumlah provinsi di Indonesia juga terdapat cupang asli,salah satunya adalah jenis Betta channoides yang ditemukan di Pampang, Kalimantan Timur.

Ikan ini memiliki tubuh yang indah, sehingga banyak yang mengoleksinya di aquarium. Banyak sekali jenis ikan cupang yang memiliki khas masing-masing. Harga ikan cupang relatif murah. Namun, melihat dari peminat yang begitu banyak, maka tak salah jika banyak orang yang megembangkan sebagai usaha.

Di masyarakat penggemar ikan cupang, ikan ini dikenal ada dua macam yakni cupang hias dan cupang adu. Cupang hias dipelihara untuk dinikmati keindahan bentuk, warna dan gerakannya. Sedangkan cupang adu dipelihara untuk di adu. Perlu diketahui, di beberapa negara mengadu cupang termasuk tindakan ilegal. Cupang hias dan cupang adu dibedakan berdasarkan bentuk dan sifat agresifitasnya.

Untuk mengetahui lebih jauh silahkan simak sajian kami berikut ini mengenai Mengenal Cupang Hias dan Cupang Aduan.

Jenis Ikan Cupang Hias antara Lain:

1. Cupang Halfmoon

Cupang Halfmoon atau sepotong bulan, seperti namanya, jenis ikan cupang halfmoon memiliki sirip dan ekor yang seolah menyatu membentuk setengah lingkaran. Kurang lebih seperti ini ikan cupang halfmoon. Ikan ini salah satu ikan cupang terpopuler yang sering dipelihara penghobi.
                                                                  Cupang Halfmoon hitam



                                                            Cupang Halfmoon Biru


                                                                Cupang Halfmoon Putih



                                                          Cupang Halfmoon Orange
 
Jika diamati dari samping, sirip ikan halfmoon berbentuk seperti bulan sebelah, biasanya ekor dengan sirip yang saling menyatu menunjukan nilai yang lebih dikalangan para penghobi. Ikan cupang halfmoon dipelihara karena keindahannya. Jenis ini mempunyai varian warna yang beragam mulai dari merah menyala, kuning, dan varian warna lainnya.

Ikan Cupang Halfmoon memiliki harga yang cukup menarik, untuk satu ekor ikan cupang halfmoon dipasarkan mulai Rp 5000 hingga Rp 300.000. Harga tersebut biasanya bertambah mahal jika ikan sudah menang kontes atau lomba.


2.  Cupang Serit (crown tail)

Cupang Crown Tail atau ekor mahkota, disebut demikian karena jika ekor di balikkan ke atas akan menyerupai mahkota raja. Ikan serit ini bisa mendunia karena keindahan ekornya yang unik dan khas.

                                                               Cupang Serit Merah



                                                               Cupang Serit Putih



                                                                  Cupang Serit Biru

Crown tail adalah salah satu jenis ikan cupang hasil ternakan dari breeder indonesia di daerah Slipi, Jakarta. Tentu ini pun menabah varietas dan keindahan ikan cupang itu sendiri. Berikut bentuk ikan cupang serit atau crown tail.


Sedangkan Jenis Ikan Cupang Hias adalah:

1. Laga (plakat)

Ikan Cupang plakat memiliki bentuk tubuh lebih kecil dan cenderung terlihat buntek atau pendek. Selain digunakan sebagai ikan hias ikan cupang ini biasa digunakan untuk bertarung atau laga. Ikan laga ini di satukan dalam kolam kecil dan nanti akan bertarung.

                                                              Jenis Cupang Laga

                                                              Cupang Laga Merah

Bahkan beberapa breeder sengaja membentuk ikan cupang laga ini agar menjadi galak dan kuat dengan menambahkan beberapa obat-obatan semenjak lahir. Cupang plakat ini banyak digemari karena mungkin bentuknya yang unik, imut dan lucu.

Demikian ulasan kami tentang Mengenal Cupang Hias dan Cupang Aduan. Semogta ulasan yang singkat ini dapat memberikan tambahan pengetahuan serta wawasan bagi anda. Selain jenis-jenis yang kami sebutka diatas, tentu masih banyak lagi jenis ikan cupang yang menarik yang belum kami ulas. Tunggu ulasan kami berikutnya.