Home » » Mengenal Jenis dan Nama Ikan Guppy

Mengenal Jenis dan Nama Ikan Guppy

Mengenal Jenis dan Nama Ikan Guppy- Guppy memiliki nama julukan ''Ikan Seribi'' (million fish) tak heran, karena ikan ini sangat mudah dan cepat sekali berkembang biak. Di alam liar ikan Guppy pernah juga digunakan sebagai alat untuk membasmi jentik nyamuk malaria. Ikan Guppy terbukti efektif untuk meredam perkembangan malaria. Sampai sekarang guppy alam dapat dengan mudah ditemukan di kolam, parit dan sungai kecil.

Ikan Guppy selain dikenal sebagai ikan yang gampang berkembang biak juga memiliki julukan ikan ‘Pelangi’ karena pola warna yang beragam dan banyak corak baru yang muncul saat dikawin silangkan. Maka tak heran jika Ikan Guppy ini menjadi salah satu jenis primadona di Indonesia. harga jualnya pun cukup fantastis bayangkan 3 ekor ikan guppy red dragon ini bisa mencapai 1 juta rupiah. Hebat bukan..? ikan sekecil ini bisa berharga jutaan rupiah.

Ikan Guppy merupakan ikan yang membuahi telur-telurnya di dalam tubuh induknya. Makanan utamanya adalah plankton dan bahan organik, ada juga sebagian guppy yang memakan dedaunan (herbivora). Ikan ini tumbuh dan berkembang di perairan air tawar dan beberapa di antaranya juga ada yang hidup di perairan air payau.

Pembagian jenis Ikan Guppy mengacu atau berdasarkan bentuk ekornya, contohnya antara lain: Guppy Delta Tail yang memiliki ekor berbentuk busur yang mengecil di pangkal ekor, Guppy Short Tail yang memiliki ekor pendek, Guppy Veil Tail yang memiliki ekor berbentuk segitiga dengan bentuk melebar di ujungnya, Guppy Ribbon yang memiliki pita di bawah perut, Guppy Swallow yang memiliki ekor yang membelah di bagian ujungnya, dan Guppy Sword Tail yang bagian bawah atau atas ekornya lebih panjang daripada bagian bawahnya.

Selain ditentukan berdasarkan bentuk ekor. Jenis Ikan Guppy juga ada yang ditentukan berdasarkan corak warna tubuhnya antara lain: Guppy Single Color yang memiliki warna merata pada seluruh tubuhnya (contohnya Gguppy Full Red, Full Black, Black Moscow, Hijau dan Putih), Guppy Bicolor memiliki dua warna, Guppy Mosaic memiliki berbagai corak warna, Guppy Snackeskin memiliki corak warna kulit ular di ekornya dan Guppy Metalik tubuhnya akan tampak berkilau saat terkena sinar matahari atau lampu.

Ikan Guppy dengan nama ilmiahnya (Poecilia reticulata) pertama kali ditemukan oleh Robert John Lechmere Guppy, seorang yang berkebangsaan Inggris, di Trinidad pada tahun 1850.

Demikian ulasan kami kali ini tentang Mengenal Jenis dan Nama Ikan Guppy. Semoga ulasan singkat kami ini dapat memberi manfaat bagi anda semua.