Home » , , » Ikan Malaikat

Ikan Malaikat

Ikan Malaikat- Ikan malaikat (Ikan Angel sering juga di kenal dengan nama Manfish) sangat menarik serta menawan bagi kebanyakan penggemar yang berpengalaman. Akuarium yang dibutuhkan untuk mesti memiliki kawasan yang luas bagi ikan berenang serta tempat persembunyiannya. Ikan angel akan bersembunyi dalam akuarium baru dan akan mulai menonjolkan diri jika tidak dibuli oleh ikan angel lainnya. Angelfish suka berkelahi dan menyerang ikan angelfish lain yang datang belakangan, ini di sebabkan ikan ini memiliki sifat teritorial dan akan menjaga batas teritorialnya tersebut.

Ikan Malaikat termasuk ikan yang sangat kuat dan dapat hidup dalam waktu yang lama jika dirawat dengan baik. Semua ikan malaikat atau ikan angel termasuk protogynous hermaphrodites, artinya awal masa hidupnya secara seksual berstatus ikan betina, kemudian berubah menjadi jantan setelah mencapai ukuran tertentu. Mereka kebanyakan hidup menyendiri, ikan ini lebih senang pada perairan dangkal antara 6 – 50 kaki(2 – 20 meter), walaupun ada beberapa spesies yang hidup di perairan dalam sekitar 150 kaki (50 Meter), oleh karena itu ikan ini ada yg memiliki sifat teritorial.

Ikan Angel memiliki warna dan jenis yang bervariasi dengan bentuk tubuh pipih seperti anak panah. Sirip perut dan sirip punggungnya membentang lebar ke arah ekor, sehingga tampak sebagai busur yang berwarna gelap transparan. Selain itu pada bagian dadanya terdapat dua buah sirip yang panjangnya menjuntai sampai ke bagian ekor.

Ikan Angel ini sangat menjaga dan melindungi keturunannya. Ikan ini memiliki sifat omnivorus. Ikan Angel ini tergolong mudah menerima berbagai jenis makanan dalam berbagai bentuk.

Meski tergolong ikan yang kuat, namun ikan angel dikenal cukup peka terhadap serangan penyakit, untuk itu diperlukan pengelolaan secara baik dengan menjaga kualitas air dan jumlah pakan yang diberikan.  Beberapa jenis parasit yang biasa menyerang benih/induk Manfish antara lain adalah : Trichodina sp., Chillodonella sp. dan Epystilys sp.  Sedangkan bakteri yang menginfeksi adalah Aeromonas hydrophilla.

Demikian ulasan kami mengenai Ikan Malaikat. Semoga ulasan singkat ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi anda semua.